Jumat, November 28, 2014

Biduk Biduk Part 2 : Air Terjun 3 Tingkat Teluk Sumbang

Biduk Biduk mempunyai sejuta keindahan alam dan laut yang indah, salah satu tempat yang bisa membuat mata kita terpana akan keindahan alamnya yaitu Air Terjun 3 Tingkat Teluk Sumbang.

Kami bertiga berencana akan mengunjungi tempat ini setelah kemarin puas mengunjungi Danau Labuan Cermin. Keesokan harinya kami pagi-pagi setelah sarapan langsung menuju dermaga yang ada di Teluk Sulaiman. Untuk menuju ke dermaga kami diantar dengan mobil yang telah disediakan sama penginapannya. Sesampainya di dermaga kita langsung cari perahu yang bisa kita sewa.

Dermaga Teluk Sulaiman

Sekitar 15 menitan menunggu, kami mendapatkan perahu yang akan mengantarkan kami ke Air Terjun 3 Tingkat Teluk Sumbang setelah melakukan negosiasi, kami dapatkan harga yang relatif murah sekitar 400 ribu untuk sewanya.

Perahu

Selfie Bertiga

Tujuan pertama kami Air Terjun Teluk Sumbang, waktu yang akan ditempuh kesana sekitar 45 menitan. Disepanjang perjalananan kami menemukan keindahan bawah laut  yang sangat indah, apabila beruntung kita akan menemukan Penyu berkeliaran.

Pemandangan dari Dermaga

Keindahan Bawah Lautnya

Air laut yang biru sepanjang perjalanan akan membuat kita terpana melihatnya.

Mereka Berdua Terpana Melihatnya Bawah Laut

Pemandangan Pantai yang Biru

Pemandangan karang di sepanjang pesisir Biduk Biduk pun menghiasi sepanjang perjalanan kita.

Pemandangan Karang serta Air yang Biru (1)

Pemandangan Karang serta Air yang Biru (2)

Pemandangan Karang serta Air yang Biru (3)

Sesampainya di dermaga Teluk Sumbang kita akan melanjutkan perjalanan ke perkampungan dayak, karena nantinya kita akan ditemani salah satu penduduk dayak untuk menuju Air Terjun ini dan akan dikenakan biaya 50 ribu/ orang. Untuk menempuh ke perkampungan dayak ini sekitar 15 menit.

Dermaga Teluk Sumbang

Perjalanan ke Perkampungan Dayak

Disana kami menemui salah satu bocah dayak yang akan menemani ke Air Terjun.

Bocah Dayak

Perjalanan kami lanjutkan dengan ditemani bocah ini, disepanjang perjalanan kami saling berbagi cerita dengan bocah ini.

Perkampungan Dayak

Selfie Perjalanan ke Air Terjun

Menyusuri Sungai Kecil

Jalannya yang naik turun gunung serta belok kiri kanan membuat kita harus berhati-hati. Namun setelah 15 menitan tiba juga di Air Terjun, tapi ini baru tingkat yang pertama.

Jalan yang Licin

Jalannya Semakin Extrim

Sedikit cerita Air Terjun Teluk Sumbang ada beberapa tingkatan, namun untuk kita hanya bisa menempuh sampai tiga tingkatan, karena untuk mencapai tingkat yang paling atas memakan waktu yang lama dan bisa sampai dua hari, jalan yang ditempuh pun sangatlah extrim

Air Terjun Tingkat Pertama

Lanjut cerita, setelah melihat dan foto-foto sebentar di Air Terjun tingkat pertama kami melanjutkan lagi ke tingkat kedua. Rintangan untuk menuju tingkat kedua semakin extrim jalan nya yang menanjak dan agak sedikit licin, waktu perjalanan nya pun agak sedikit lama sekitar 10 menitan.

Pegangan dengan Ranting Pohon

Jalannya Licin

Jalan Menanjak

Sesampainya di Air Terjun tingkat kedua kami beristirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga, sebab untuk ke tingkat yang ketiga jalan nya semakin extrim.

Air Terjun Tingkat Kedua

Tenaga sudah 100% perjalanan pun dilanjutkan, langkah demi langkah pun kami lewati. Sampai-sampai rintangan yang begitu extrim pun kami lewati dengan hati-hati.

Semakin Menanjak

Jalannya Terjang

Jalannya Jurang

Sampai di Air Tejun Tingkat yang Ketiga

Rasa lelah yang ada dalam tubuh terbayar sudah dengan keindahan alam yang ada di Air Terjun tingkat yang ketiga ini. Walaupun tak sampai ke tingkat yang paling atas, tingkat yang ketiga ini pun sudah luar biasa indahnya.

Air Terjun Tingkat Ketiga

Kami bertiga berendam di Air Terjun, dan menikmati dingin nya air disini.

Ami

Gun

Yudi

Gun Siap-siap Berenang

Gun dan bocah dayak ini asik berenang, namun saya dan ami nggak bisa berenang jadi kami berdua hanya bisa liat-liat dan foto-foto dari atas.

Gun Loncat dari Atas

Bocah Dayak Loncat dari Atas

Selfie Berdua

Jam sudah menunjukkan pukul 11 siang, kami pun bersiap-siap untuk pulang. Disepanjang perjalanan pulang kami harus tetap berhat-hati setiap melewati jalan yang extrim

Perjalanan Pulang

Sesampainya di perkampungan dayak kami berpamitan dan mengucapkan terima kasih pada bocah ini yang mengantarkan kami ke Air Terjun.

Perumahan Dayak

Melihat Perkampungan Dayak

Setibanya kami di dermaga Teluk Sumbang, perahu yang kami tumpangi sudah menunggu.

Gerbang Selamat Jalan Teluk Sumbang

Kami akan melanjutkan perjalanan lagi ke Pulau Kaniungan Besar.

Cerita Perjalanan Biduk Biduk : Air Terjun 3 Tingkat Teluk Sumbang selesai. See You Next Time.