Kamis, April 30, 2015

Kuala Lumpur : Ngelancong ke Luar Negeri Pertama Kali (Day 1)

Jalan-jalan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ke negara tetangga kita Kuala Lumpur - Malaysia pada tanggal 6-9  maret 2015 (4D3N). Bisa saya katakan ini untuk pertama kalinya saya ke luar negeri. Berangkat dengan menggunakan pesawat Air Asia AK317, ini pengalaman pertama saya naik pesawat paling lama selama 2 jam lebih.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman

Sekitar jam 10.30 wita saya sudah ada di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk melakukan check in di counter nya Air Asia, sebelum keruang tunggu kita cek paspor diimigrasi dulu. Wahhh ternyata ke luar negeri itu pengamanan nya cukup ketat sekali.

Pesawat AirAsia AK317

Jam 11.40 kita dapat panggilan "bagi penumpang pesawat AirAsia AK317 tujuan Kuala Lumpur dipersilahkan naik pesawat", saya pun langsung bergegas masuk pesawat dan pengen cepat-cepat sampai. Didalam pesawat saya disanbut pramugari yang cantik-cantik, namun ada yang sedikit aneh dari dia bicara ternyata pramugari ini orang Malaysia dengan logat melayu nya yang khas.

2 jam kemudian . . .

Ternyata kita siap-siap untuk landing disalah satu bandara yang ada di Kuala Lumpur, entah apa itu nama bandaranya. Setelah pesawat sudah lepas landas saya langsung keluar dari dalam pesawat, dan menuju bagian imigrasi malaysia untuk laporan, namun jaraknya lumayan menguras keringat karena cukup jauh.

Bandara KLIA2

Wahhh ternyata namanya Bandara KLIA2 Kuala Lumpur.  Dipintu keluar saya bingung mau ngapain dan kemana, mau menghubungi teman ehhh tau tau kartu handphone saya kena roaming. Untungnya diarea bandara banyaka provider malaysia yang menawarkan kartu GSM bagi pelancong seperti saya ini.

Kartu Maxis (Hotlink)

Nama kartunya maxis (hotlink) harga nya pun juga terjangkau dan udah dapat paket nelpon dan internet sepuasnya. Untuk membeli kartunya harus memperlihatkan paspor.

Hmm, nggak mikir panjang langsung aja tuh saya telpon teman saya, kemudian saya diarahkan dia untuk naik kereta KLIA Expres tujuan KL Sentral, nanti kita janjian ketemu disana.

Dipintu keluar nanti ada petunjuk untuk diarahkan ke counter pembelian tiket kereta KLIA Expres.

Counter Tiket Kereta KLIA

Untuk tujuan KL sentral kita naik lewat stasiun A (platform A).

Petunjuk Stasiun Keberangkatan

Kereta KLIA Expres

Beberapa menit kemudian kereta yang ditunggu pun datang, dan kita langsung berangkat menuju tujuan kita KL Sentral.

Awan

Ini kenalin dulu teman saya yang barusan saya telpon tadi namanya Awan dan kuliah di salah satu universitas di Kuala Lumpur  dan dialah yang nantinya akan mengantarkan kita keliling Kuala Lumpur dan sekitarnya. Setibanya di KL Sentral kemudian saya turun dari kereta, lalu saya nelpon awan.

Ami & Mungil

Ohh iya sampai lupa sebenarnya saya ke Kuala Lumpur tidak sendiri, tapi ada 2 teman saya yaitu Ami dan Mungil, tapi yang berangkat bareng saya hari itu hanya Ami karena Mungil udah duluan berangkat dari kita.

Stasiun KL Sentral

Area Stasiun KL Sentral

Menunggu sekitar 15 menitan akhirnya Awan dan Mungil pun tiba, kemudian kami diantar ke Apartement Kak Dita, tempat nantinya saya dan Ami bermalam selama di Kuala Lumpur.

Ka Dita

Hmm, pasti kalian bertanya-tanya siapa lagi itu Ka Dita ?, ohh iya saya perkenalkan lagi nih namanya Dita, dia adalah kakak kelas waktu SMK dan dia udah hampir 2 tahun di Kuala Lumpur dan kuliah juga di salah satu universitas tapi berbeda dengan Awan, hampir bisa dikatakan dialah senior kita hehe. Dan Ka Dit dan Awan lah yang akan mengantarkan kita selama 3 hari kedepan untuk keliling-keliling Kuala Lumpur.

Loket Tiket Kerta RapidKL

Di KL Sentral kemudian kami berempat antri untuk beli tiket kereta tujuan stasiun Bukit Jalil, namun disini kita bukan antri diloket tapi antri di mesin tiket, dan yang aneh tiket yang keluar bukan lah kertas semacam tiket kereta yang ada dijakarta melainkan koin berwarna biru.

Koin Kereta

Tapi jangan lupa kita liat peta kereta Kuala Lumpur nya dulu ya,  karena beda kereta beda tujuan.

Peta Kereta Kuala Lumpur

Sekitar 30 menitan kita tiba di stasiun Bukit Jalil, kemudian dari sini kita menuju apaterment Ka Dit yang tak jauh dari sini, bisa berjalan kaki sekitar 10 menitan.

Apartemen Endah Villa

Setibanya di apartement kami pun bertemu Ka Dit, dan rencananya kita beristirahat saja dulu mungkin badan ini sudah remuk rasanya dan untuk jalan-jalan nya dilanjutkan besok lagi, kami pun juga berpisah dengan Awan dan Mungil karena beda apaterment.

Cerita Perjalanan Kuala Lumpur : Ngelancong ke Luar Negeri Pertama Kali (Day 1) selesai. See You Next Time.