Kamis, Januari 01, 2015

Nasi Gudeg Khas Jogja dan Tempe Mendoan Khas Purwokerto ada di Balikpapan


Indonesia sungguh luar biasa dari berbagai macam budaya sampai makanan tradisional nya sesuai khas kota itu. Kali ini saya akan berkuliner di Lap. Merdeka Balikpapan, setiap minggu di tempat ini banyak sekali orang dengan tujuan yang pertama joging namun selain itu ada juga yang hanya untuk mencari makanan. 

Ditempat ini saya menemukan satu warung dimana menjual makanan khas dari 2 kota berbeda. Nama warung nya "Nasi Gudeg Lap. Merdeka dan Tempe Mendoan". 

Nasi Gudeg Lap. Merdeka dan Tempe Mendoan

Sedikit cerita nih Gudeg merupakan makanan khas Jogja, dibuat dari nangka muda, gula merah dan bumbu yang dimasak hingga berjam-jam. Gudeg ini dimakan dengan nasi dan lauk pelengkapnya. Lauk yang mendampingi yaitu santan kental dan sambal krecek, tahu/ tempe, telur/ ayam tergantung lidah kita.

Nasi Gudeg Khas Jogja

Kemudian Tempe Mendoan yang merupakan salah satu kuliner khas Purwokerto, makanan ini sebenarnya salah satu jenis makanan dari Kab. Banyumas, makanan ini terbuat dari tempe yang dimasukan kedalam adonan tepung lalu digoreng. Memasaknya dengan cara memasukkan nya ke minyak goreng yang panas dan banyak lalu cepat-cepat diangkat, sehingga makanan ini terasa setengah matang dan masih terasa basah minyaknya.

Tempe Mendoan Khas Purwokerto

Ohh iya diwarung ini saya pesan Nasi Gudeg dengan telur, serta tambahan Tempe mendoan nya dengan sambal kecap yang pedas.

Pesanan Nasi Gudeg

Pesanan Tempe Mendoan

Sambal Tempe Mendoan

Mungkin sulit bagi saya untuk berhenti makan Tempe Mendoan ini, rasanya ingin nambah lagi dan lagi. Dengan harga yang mungkin relatif agak murah ya, dengan makanan begitu enak dan lezat. 

Bagi anda yang tinggal di Balikpapan atau yang lagi mengunjungi Kota Minyak ini kalau pas lagi weekend jangan lupa mampir diwarung ini. Setiap weekend pengunjung begitu rame jadi hati-hati bila kehabisan ya teman-teman.

Pengunjung Setiap weekend

Sekedar informasi Warung "Nasi Gudeg Lap. Merdeka dan Tempe Mendoan" ini juga buka di Jl. Letjend S. Parman Rt. 21 No. 19, Gunung Guntur, Balikpapan Tengah, selain itu juga terima pesanan Telp. 0542-423949, 081318216868.

See You Next Time.

2 komentar:

  1. Nah lho ... balikpapan kok kuliner nya gudeg. Apa jogja dah pindah yaaa ??? #dikeplak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh harus ganti Judul nih nanti gua di keplak tuh.

      #RanselBorneo

      Hapus